--> 20 Karakter Dasar dalam Kecerdasan Emosional Anak | Kumpulan Artikel

Monday, March 9, 2015

20 Karakter Dasar dalam Kecerdasan Emosional Anak

| Monday, March 9, 2015
Dalam mendidik anak, mana yang lebih penting, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional atau kecerdasan spiritual?

Sebagai seorang Muslim saya mengutamakan kecerdasan spiritual melalui pendidikan agama, maka setelah itu akan tercakup di dalamnya kecerdasan emosional dan intelektualnya. Walaupun dalam praktek penerapannya urutannya bisa berubah-ubah. Tentu kata 'mengutamakan' bukan berarti mengabaikan yang lainnya. Karena pada dasarnya semua kecerdasan tersebut saling terkait dan saling mengisi.

Menurut saya membuat skala prioritas itu penting karena akan berpengaruh pada sudut pandang kita dalam mendidik dan proses penerapannya. Istri saya kalau ditanya mana yang lebih penting, dia akan menjawab kecerdasan spiritual dan emosional, tetapi dalam prakteknya ia sering mengeluh dan sangat khawatir kalau anak kami belum mahir baca, tulis dan berhitung, apalagi melihat teman-teman sebayanya yang sudah mahir dalam hal calistung tersebut.  Wajar sih istri saya bilang seperti itu, karena memang dia yang sehari-hari banyak terlibat dalam kegiatan belajarnya. Disamping memang itu tuntutan dalam sistem pendidikan kita yang lebih fokus kepada prestasi akademis, sehingga menjadi anggapan awam seakan-akan kecerdasan itu hanya dinilai dari kecerdasan dalam berlogika dan matematika.

kecerdasan anak
Saya hanya menekankan kepada istri saya, bahwa anak-anak itu istimewa, mempunyai kecenderungan dan sifatnya sendiri dan tidak bisa dibandingkan. Disamping itu saya membiarkan anak bebas bereksplorasi dan menemukan zona nyamannya dalam belajar, bukan dengan menekan dia supaya harus lebih pintar seperti keinginan orang tua. Karena kalau dia sudah nyaman, insyallah anak akan dengan sendirinya belajar dan orang tua juga bisa melihat kecenderungan bakat dan kecerdasan yang ia miliki.

Yang seringkali orang tua lupa adalah, lebih merasa khawatir ketika nilai akademisnya anaknya jelek dibanding dengan ketika anaknya suka berbohong, saling mengejek, suka berantem dll. Anak-anak tetangga yang suka les dirumah, mereka diajarkan baca, tulis dan berhitung, dan bacaan-bacaan shalat. Tetapi setelah selesai bermain mereka saling ejek, saling bully, dan bahkan memukul.
Makanya sekarang saya bilang ke istri kasih perhatikan khusus pelajaran untuk membentuk kecerdasan emosionalnya. Seperti jujur, rukun, berbagi, menghormati teman dll.

Pendidikan karakter sifatnya luas, tidak hanya tugas guru tetapi juga orang tua, dimulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

20 Karakter Dasar Anak

Berikut 20 Karakter dasar yang setidaknya harus diajarkan kepada anak-anak kita.

  1. Empati
  2. Peduli
  3. Suka menolong
  4. Hormat
  5. Setia 
  6. Sopan
  7. Bijak 
  8. Percaya diri
  9. Berani 
  10. Semangat 
  11. Inspiratif
  12. Humoris 
  13. Tanggung jawab
  14. Adil 
  15. Sabar
  16. Jujur 
  17. Disiplin
  18. Kerjasama 
  19. Mandiri 
  20. Toleran 

Pembahasan setiap karakter insyallah akan dibahas dalam tulisan-tulisan mendatang.

Related Posts

No comments:

Post a Comment